Saat tenggorokan yang biasanya baik-baik saja mengalami gangguan seperti adanya sensasi gatal yang benar-benar mengganggu aktivitas dan kerap terjadi dalam keseharian anda, hal tersebut merupakan sinyal yang dikirim oleh tubuh yang menjadi pertanda adanya infeksi saluran pernapasan atas atau juga sering dikenal sebagai radang tenggorokan (faringitis). Obat Gatal Tenggorokan tidak harus langsung diberikan, sebab biasanya tenggorokan yang gatal bisa sembuh dalam beberapa hari saja dengan melakukan perawatan suportif secara rutin di rumah.

Obat Gatal Tenggorokan Terus Menerus Alami Dan Tradisional Paling Ampuh di Dunia

Apa Obat Gatal Tenggorokan Terus Menerus Alami Dan Tradisional Paling Ampuh di Dunia
Tenggorokan gatal muncul sebagai gejala adanya infeksi. Sehingga, bisa jadi disertai dengan gejala lainnya seperti rasa nyeri di tenggorokan, sulit untuk menelan, demam, batuk atau lainnya. Umumnya, tenggorokan yang gatal dikarenakan adanya radang tenggorokan, alergi atau adanya infeksi saluran pernapasan. Untuk itu, sebelum memberikan Obat Gatal Tenggorokan Tradisional atau herbal , sangat disarankan untuk mengetahui dulu penyebab tenggorokan yang gatal. Sehingga, anda bisa dengan mudah mengatasinya dan dokter bisa mencarikan obat untuk tenggorokan yang gatal dengan tepat.

Penyebab Tenggorokan Terus Menerus  dan Batuk Sakit di Dada

Ada beberapa penyebab tenggorokan terasa gatal yang harus anda ketahui terlebih dahulu. Seperti yang sudah disebutkan, bahwa tenggorokan yang gatal merupakan gejala atau pertanda adanya penyakit atau infeksi yang menyerang. Beberapa penyebab munculnya sensasi gatal di tenggorokan adalah sebagai berikut:

1. Infeksi
Dalam banyak kasus, infeksi adalah penyebab utama tenggorokan terasa gatal dan merupakan yang paling umum yang menyerang berbagai kalangan. Tenggorokan gatal bisa disebabkan adanya infeksi saluran pernapasan atas. Atau, gejala lainnya yang bisa anda alami bersamaan dengan tenggorokan gatal adalah faringitis yang juga disebut sebagai sakit tenggorokan. Tenggorokan yang gatal karena infeksi disebabkan oleh bakteri, virus dan juga jamur. Untuk infeksi bakteri adalah radang tenggorokan dan infeksi virus adalah seperti pilek dan flu. Bahkan, tenggorokan yang gatal bisa terjadi pada orang yang sehat. Sedangkan untuk kasus infeksi karena jamur adalah bagi penderita yang memiliki daya tahan tubuh yang lemah seperti penderita AIDS, kemoterapi anti-kanker, diabetes mellitus, penggunaan steroid berkepanjangan, penerima transplantasi organ dan juga sebagainya.

2. Alergi
Makanan yang tertelan atau minuman dan juga partikel yang anda hidup bisa menjadi penyebab munculnya alergi. Sehingga, muncullah tenggorokan gatal yang mengganggu aktivitas anda. Biasanya, tenggorokan yang gatal karena alergi bisa dibedakan dibandingkan penyebab lainnya. Seperti misalnya, gejala tenggorokan gatal baru muncul ketika anda lebih sering terpapar dengan sesuatu yang sering menyebabkan alergi atau allergen. Bahkan, gejala tersebut bisa berlanjut lebih lama, disertai gejala lainnya seperti mata berair, sesak napas, hidung meler dan sebagainya.

3. Iritasi
Penyebab lainnya yang menimbulkan sensasi tenggorokan gatal adalah iritasi yang disebabkan oleh bahan kimia industri atau lainnya. Selain itu, iritasi bisa muncul karena polusi udara sehingga menyebabkan tenggorokan gatal. Untuk perokok aktif dan perokok pasif, asap rokok juga bisa menjadi biang tenggorokan gatal.

4. Terlalu sering bernyanyi atau karokean
Untuk anda yang sedang mengalami gangguan tenggorokan dengan sensasi gatal, bisa jadi anda kerap bernyanyi. Berteriak atau bernyanyi terlalu sering bisa memunculkan ketegangan yang berlebihan pada pita suara (laring). Dalam kondisi demikian, tenggorokan pun bisa gatal. Jika anda mengalami tenggorokan gatal dan suara serak maka sebaiknya lupakan dulu semule dan akarokean off line yang sering anda kunjungi sadari semua itu adalah siksa akibat menggunakan suara tidak pada tempatnya .

5. Gastreosophageal Reflux Disease (GERD)
Mengetahui penyebab tenggorokan gatal anda sangatlah penting. Bisa jadi masalah tersebut muncul karena reflux atau meningkatnya asam lambung yang mencapai tenggorokan. Sehingga, diiringi dengan rasa panas di dada seperti heartburns atau di leher.

6.Gangguan pernapasan 
Gangguan seperti bronkitis, TBC, dan pneumonia juga dapat menyebabkan gatal pada tenggorokan,batuk tenggorokan gatal dada sakit, diikuti oleh batuk parah. Bila menderita penyakit ini, gejala atau tanda lain seperti demam, nyeri dada, kelemahan, kelelahan juga akan terjadi.

7.Polusi Udara
 Polusi udara merupakan alasan lain yang signifikan untuk iritasi tenggorokan kronis seperti gatal terus menerus .Jika anda terkena asap kendaraan, debu, polutan industri dan gas maka bisa menjadi penyebab  gatal pada tenggorokan. Jika berlangsung lama mengalami hal demikian  bisa juga mengakibatkan bronkitis kronis maka hindarilah polusi udara pilih lah waktu yang tepat saat berkenderaan motor untuk mencegah polusi udara kotor .

8. Penyebab lainnya
Dalam kondisi yang lainnya, biasanya ada berbagai penyakit yang mengakibatkan tenggorokan terasa gatal walaupun bisa dibilang jarang terjadi. Tidak banyak penderita yang mengeluh tenggorokan gatal karena adanya penyakit Pneumonia, sindrom Sjogren, bronchitis, tumor ganas pada tenggorokan, muntah, alkohol , trauma di tenggorokan atau lainnya.

Lalu, Obat Gatal Tenggorokan apa yang paling ampuh?

Obat Gatal Tenggorokan itu diberikan bergantung pada penyebab tenggorokan gatal itu sendiri.Tenggorokan yang gatal umumnya karena infeksi seperti pilek, flu atau radang tenggorokan yang tidak membutuhkan obat dan bisa sembuh secara spontan hanya dalam kurun waktu beberapa hari saja.

Jika anda mengalami gangguan tenggorokan seperti rasa gatal, berikut beberapa Obat Gatal Tenggorokan alami yang bisa anda lakukan di rumah:

1. Air hangat + garam
Obat batuk gatal tenggorokan paling ampuh adalah larutan garam dan air hangat . Anda cukup Campuran air hangat dan garam bisa dijadikan sebagai obat kumur. Siapkan 1/2 sdt. garam dan campurkan pada segelas air hangat. Gunakan sebagai obat kumur sedikit demi sedikit dan sampai habis. Lakukan secara rutin.

2. Cegah dehidrasi
Agar infeksi tidak semakin parah dan agar tubuh mampu meningkatkan daya tahan tubuh, syarat terpenting adalah supaya tubuh tidak dehidrasi. Saat tubuh tidak kehilangan cairan, maka akan lebih mudah membasmi penyebab infeksi dalam tubuh. Maka dari itu, perbanyak minum air putih, usahakan air putih hangat. Atau, minum jus dan juga teh jika anda bosan minum air putih terus dengan banyak minum air makan akan bisa cegah batuk gatal tenggorokan di malam hari dan siang hari .

3. Hirup uap air
Untuk meredakan sensasi gatal di tenggorokan, obat gatal tenggorokan ampuh yang selanjutnya bisa anda coba adalah dengan menghirup uap air. Uap air panas atau uap air dari vaporizer bisa digunakan untuk mengatasi rasa gatal di tenggorokan sehingga bisa meringankan rasa sakit di tenggorokan.

4. Makan permen pelega tenggorokan
Untuk memberikan efek menenangkan dan sekaligus meredakan tenggorokan yang gatal, makan permen pelega tenggorokan bisa menjadi solusi yang tepat. Pilih permen yang memiliki kandungan mint. Ada banyak merk yang bisa anda temukan di toko atau di apotek terdekat.

Obat Gatal Tenggorokan Secara Medis

Jika anda membutuhkan Obat Gatal Tenggorokan Resep dokter atau secara medis, gunakan obat anti-antihistamin misalnya cetirizine yang bekerja untuk mengurangi rasa gatal di tenggorokan dan obat ini disarankan jika penyebab tenggorokan yang gatal adalah alergi. 

Sedangkan jika terkena infeksi virus seperti flu dan pilek, tidak ada obat khusus yang dibutuhkan. Antibiotik hanya akan sangat disarankan jika penyebab dari tenggorokan yang gatal adalah infeksi bakteri dan harus melewati pemeriksaan dokter.
Obat Gatal Tenggorokan lainnya seperti Obat NSAID misalnya asetaminofen dan ibuprofen diberikan jika anda mengalami tenggorokan gatal yang disertai gejala lainnya seperti tenggorokan terasa sakit dan demam.
Jika tenggorokan gatal disertai batuk, minum obat batuk kering atau obat batuk berdahak resep dokter bisa menjadi solusinya.

Pencegahan Gatal pada tenggorokan dan Batuk Berdahak

  • Meningkatkan kekebalan tubuh anda  adalah cara terbaik yang harus anda lakukan  untuk mencegah  sakit tenggorokan gatal dan batuk. Sertakan menkomsusin buah kaya vitamin C dalam menu makan harian.
  • selain mengkonsumsi makanan yang bervitamin C ada baiknya Minum susu campur madu atau kunyit secara rutin . Ini juga membantu dalam mencegah infeksi pada tenggorokan dan banyak penyakit menular selain batuk dan radang tenggorokan .
  • Jika anda memilki alergi terhadap sesuatu, jauhilah dan hindari sejauh mungkin.
  • Sebaiknya hindari dari orang yang menderita flu atau penyakit pernapasan lainnya jika anda takut penularannya .
  • Usahakan tidak mengalami dehidrasi pada siang dan malam hari .  Minumlah jumlah air yang cukup setiap waktu .
 Baca juga : Kanker Tenggorokan Akibat Merokok,  Apakah Bisa Disembuhkan ?
Itulah informasi lengkap tentang Obat Gatal Tenggorokan alami dan tradisional yang paling ampuh. Ingat, jangan terlalu sering memberikan obat terhadap tubuh karena kandungan kimia yang masuk dalam tubuh bisa menjadi beban untuk organ lainnya dalam membuang racun. Jika hanya karena batuk dan pilek biasa, cukup lakukan perawatan alami di rumah. Namun, jika gangguan tenggorokan yang gatal tidak kunjung sembuh hingga berbulan-bulan, segera periksakan ke dokter untuk mengetahui gejala atau penyakit lain yang memberikan sensasi gatal di tenggorokan. Penanganan sejak dini dapat mempercepat kesembuhan sakit anda. Semoga bermanfaat salam sehat dari Tenggorokan.Com !

1 Komentar

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama